Kamis, 11 Oktober 2012

Setu Babakan
sepeda air: 5000 sampe jam 5
Mushala Al-Falaah, Komplek Perkampungan Budaya Betawi, Jl. H. Mali Setu Babakan, Srengseng Sawah




Siapa sih yang gak kenal / belom pernah denger tokoh "Robin Hood" dari Jakarta di jaman penjajahan kompeni Belanda pada waktu itu? Dialah yang bernama 'Bang Pitung', Tokoh pendekar dari tanah Betawi. Eitss.. tapi kali ini saya tidak akan membahas tentang sejarah 'Bang Pitung', tetapi justru akan membahas tentang Budaya Betawi itu sendiri.

Saat ini, budaya Betawi semakin tersingkir & menghilang karena banyaknya pendatang yang bermukim di Jakarta, padahal seni dan budaya Betawi ini sangat beragam bentuknya seperti bahasa, tarian, makanan dan cerita rakyatnya. Maka dari itu untuk melestarikan budaya tersebut, dibentuklah komplek pelestarian budaya Betawi, salah satunya di daerah Setu Babakan ini.


Kehidupan masyarakat di sekitar Babakan ini juga sudah bercampur dengan pendatang lain, bisa terdengar dari beberapa orang yang saling berkomunikasi dengan bahasa Jawa. Umumnya, masyarakat Betawi di sekitar Babakan bekerja sebagai pedagang ataupun bergerak di bidang keagamaan seperti guru mengaji. Beberapa juga ada yang ber-profesi mencari ikan.

Banyak pedagang di Babakan yang menjual makanan asli khas Betawi seperti  Soto Mie, gado-gado, toge goreng dan yang paling khas adalah kerak telor yang dijual dengan harga Rp. 10.000,- hingga Rp. 13.000,-. (tergantung jenis telor yang diminta) dan cukup nikmat dimakan beramai-ramai. Eh apa pula itu kerak telor? rasanya gimana? ....hehe..... itu sejenis makanan/cemilan yang terbuat dari beras ketan, telor ayam/telor bebek, udang kering, bawang goreng, kelapa, merica, garam... (mungkin ada lagi campuran bahan yang lain :p ). Jangan lupa sediain air minum jika kita sedang menikmati panganan ini, karena berdasarkan pengalaman pribadi, kerak telor cukup bikin agak seret di tenggorokan, tapi tetap gurih dan nikmat. kalo bisa dibilang, rasanya seperti kue yang kenyal, kering dan..... menurut saya sih kayak lemper tanpa minyak.

Untuk wisata di Babakan, ada beberapa jenis hiburan yang bisa dinikmati. Yang menarik bagi para pemancing adalah tersedianya kolam-kolam pemancingan khusus ataupun mancing bebas di danau.























View Larger Map

Tidak ada komentar:

Posting Komentar